12+ Contoh Rumus Excel Dasar di Dunia Kerja
Belajar Cara Membuat Formula Tabel Excel dan Contoh Rumus Excel Dasar dalam Dunia Kerja
Niat hati ingin melamar pekerjaan atau memang sudah diterima di perkantoran atau perusahaan tapi masih bingung soal rumus dasar Microsoft Excel?
Dalam dunia kerja, posisi pekerjaan yang mengharuskan dirinya untuk selalu berada di depan komputer dan/atau laptop seperti marketing, finance, operasional, administrasi; pengetahuan dan pemahaman soal rumus excel itu penting sekali. Walau pun tidak selalu, tapi sekali dua kali, pekerjaan yang berhubungan Excel bakal dialami.
Setidaknya ada lebih dari 12 contoh rumus Excel yang wajib dipelajari dan dipahami sedini mungkin. Apa saja kira-kira?
SUM adalah rumus Excel untuk menghitung total dari penjumlahan data atau angka yang ada pada sel Worksheet.
Dari jumlah hasil yang dicari, didapatkanlah angka Rp29.200.000.- dengan rumus: =SUM(B3:F3). Silakan cek gambar tutorialnya:
Penjumlahan ini dapat dilakukan secara menyamping (horizontal) maupun turun ke bawah (vertikal). Contohnya pada kolom G8, hasilnya: Rp180,945,000.- dengan cara menggunakan rumus: =SUM(B3:F3).
Cukup mudah, kan? Yang penting dihafal lalu diingat. Bila perlu kawan-kawan bisa mencatatnya di HP atau di buku catatan biar tidak mudah lupa.
AVERAGE merupakan rumus Excel yang digunakan untuk mencari nilai rata-rata angka pada data yang dimiliki.
Di balik nilai Rp5.840.000.- pada kolom H3 dan/atau I3, tertulis rumus: =AVERAGE(B3:F3) yang menjelaskan bahwa perhitungan nilai rata-rata dilakukan dari kolom B3 sampai dengan kolom F3. Perlu diperhatikan secara seksama bahwa kolom G3 tidak perlu dihitung karena nilai yang ditampilkan merupakan nilai total. Jadi, tidak termasuk perhitungan nilai rata-rata. Maka hasil yang didapatkan adalah Rp5.840.000.-
COUNT merupakan rumus Excel yang berfungsi untuk menghitung jumlah kolom yang SUDAH TERISI dengan angka, nilai, atau data.
Perhatikan gambar di atas, di sini saya menghilangkan atau mengosongkan 3 buah kolom pada tabel Excel di atas. Perhitungannya dimulai dari kolom B3 sampai dengan F7, terhitung kolom yang sudah terisi (tidak kosong) sebanyak 22 kolom (3 kolom tidak terhitung). Rumusnya adalah: =COUNT(B3:F7).
COUNTBLANK adalah rumus Excel yang memungkinkan kita untuk mengetahui ada berapa kolom yang belum terisi (kosong). Penggunaannya hampir mirip dengan rumus COUNT di atas, yaitu: =COUNTBLANK(B3:F7).
Pada gambar di atas, ditemukanlah bahwa ada 3 kolom yang belum terisi. Sampai di sini sudah cukup jelas, dong, ya... π
COUNTA merupakan rumus Excel yang memungkinkan kita untuk mengetahui jumlah kolom yang sudah terisi, baik diisi dengan teks maupun nilai/angka.
Kelihatan bahwa ada 4 kolom yang sudah terisi dengan teks dan biaya sebesar Rp500.- (lima ratus perak). Rumusnya: =COUNTA(J3:K7).
SINGLE IF merupakan rumus Excel yang berguna untuk menghitung permintaan barang menyesuaikan stok barang yang tersedia di gudang.
Pada dasarnya, kita harus menggunakan rumus logical_test untuk menentukan salah satu data pada tabel yang ingin dihitung apakah sudah sesuai atau tidak dengan yang diharapkan.
Pada gambar di atas, tepatnya pada kolom G16, saya menggunakan rumus: =IF(E16>=35;"CUKUP";"KURANG") untuk mencari tahu apakah pensil (jumlah barang) sudah mencukupi sesuai permintaan atau tidak. Hasilnya: CUKUP. Mengapa? Karena yang diminta hanya 30, sedangkan stoknya sendiri tersedia sebanyak 35.
Rumus: =IF(E16>=35;"CUKUP";"KURANG") ini bisa dibolak-balik sesuai keinginan pembuatnya. Kata "cukup" dan "kurang" pun bisa diganti.
Semoga bisa dipahami, ya! Jujur agak rumit menjelaskannya π
MULTI IF adalah rumus Excel yang memungkinkan orang yang berprofesi sebagai guru atau dosen untuk mengetahui bahwa siswa atau mahasiswanya apakah lolos ujian atau tidak dari Grade yang diperoleh dari masing-masing individu.
Pada gambar di atas, kita menggunakan rumus:
Jika kode rumus Excel tersebut dipecahkan menjadi beberapa bagian, bentuknya akan seperti ini:
Pengisian rumus MULTI IF di atas, diisi pada kolom D24.
Nyaris sama dengan COUNT, COUNTIF memungkinkan kita untuk mengetahui dan memperhitungkan secara spesifik dengan bantuan rumus tambahan IF. Contoh soal yang digunakan adalah utang piutang, mengenai lunas dan belum lunas dari masing-masing individu.
Pada gambar di atas, rumus Excel COUNTIF yang digunakan adalah dua (2). Yang pertama untuk "belum lunas", yang kedua untuk "lunas".
Dan kode:
Pada rumus di atas, ditemukan kalau cuma ada satu orang saja yang telah melunasi utangnya. Sedangkan 3 orangnya lagi yakni Deni, Agil, dan Masboy belum melunasinya.
VLOOKUP merupakan rumus Excel yang berguna untuk mencari suatu nilai atau data pada tabel yang sedang dikerjakan, akan tetapi sumber data atau nilainya sendiri berasal dari tabel lainnya (tabel yang berbeda).
Tutorial kali ini lumayan rumit bagi pemula seperti saya. Oleh karenanya, jalur perhitungannya (rumus) perlu ditulis, yakni:
Sederhananya: lookup_value berarti kolom yang akan disesuaikan dengan nilai pada tabel gaji dan bonus. table_array merupakan tabel sumber yang akan diambil datanya. Sedangkan range_lookup merupakan sebagai penanda apabila nilai atau datanya tidak tersedia, maka nilai atau datanya tidak akan ditampilkan (atau salah).
Perhatikan tabel di bawah ini:
Pada tabel di atas, Nasir dengan keahliannya sebagai "konten kreator", mendapatkan gaji sebesar Rp4.000.- per bulan. Rumusnya adalah:
Jika kolom C9 merujuk pada keahliannya, kolom A3 sampai C5 merupakan sumber informasi yang diinginkan, maka angka 2 adalah nomor urut kolom (Gaji per Bulan) dari Tabel Gaji & Bonus. Maka, hasil yang didapatkan adalah Rp4.000.-
SUMIF adalah rumus Excel yang berguna untuk menjumlahkan data atau nilai selayaknya rumus SUM, akan tetapi menggunakan kriteria yang ditentukan (IF).
Pada tabel Excel di atas, saya menggunakan rumus:
Rumus SUMIF di atas digunakan untuk mencari jumlah harga barang yang ada dari produk yang dijual; dimulai dari HP, charger, laptop, dsb.
Begitu juga dengan kota lainnya seperti kota Lhokseumawe, rumus SUMIF yang digunakan adalah:
Biar lebih jelasnya, silakan lihat gambarnya:
Dari rumus SUMIF di atas, ditemukan bahwa total harga barang di kota Banda Aceh yang berhasil terjual, berada di angka: Rp252.000.000.- Sedangkan kota Lhokseumawe: Rp397.000.000.-
Sama halnya dengan SUMIF, SUMIFS juga menjumlahkan data atau nilai yang bisa ditentukan. Yang membedakannya adalah SUMIFS bisa menentukan lebih dari satu nilai atau data.
Rumus SUMIFS yang digunakan pada tabel Excel di atas:
Dari rumus di atas, E3:E12 adalah angka yang akan dijumlahkan. B3:B12 mengartikan bahwa salah satu di antaranya akan kita hitung (jenis barang). "Charger" adalah barang ditentukan (huruf besar dan kecil perlu diperhatikan). D3:D12 adalah lokasi yang ditarget. Sedangkan kata: "Lhokseumawe" digunakan untuk menampilkan jumlah barang yang ada di kota tersebut.
Selanjutnya ada: ROUND. Sebuah rumus yang bertugas untuk mengubah dan/atau membulatkan nilai atau angka pada kolom Excel yang ditentukan.
Pada gambar tabel Excel di atas, pemain sepak bola, Lionel Messi mendapatkan nilai tertinggi sebesar 99 yang telah dibulatkan (98,57). Rumus yang digunakan:
Angka pada sel C4 adalah angka yang ingin dibulatkan. Sedangkan 0 (nol) adalah angka yang nantinya bertugas mengubah bilangan desimal menjadi bulat.
Selanjutnya, bagaimana caranya mengatasi angka di belakang koma yang lebih dari dua? Caranya ialah dengan menggantikan num_digits (0) yang ada. Contohnya:
Jika nilainya 98,5778; maka hasil yang ditampilkan adalah: 98,58. Angka 78 akan dihilangkan oleh sistem. Sebagai gantinya, angka 78 tersebut akan digantikan ke angka 1 untuk ditambahkan dengan angka ,57 (koma lima puluh tujuh).
Selalu ingat bahwa dalam ilmu matematika, angka di belakang koma akan menentukan nilai tambah satu (1) atau tidak pada angka yang ditemukan. Contohnya: 2,80. Karena angka ,80 (koma delapan puluh) lebih besar dari ,50 (koma lima puluh); maka nilainya akan dibulatkan menjadi 3.00. Jika di bawah 0,50 (misalnya: 2,45), maka secara otomatis akan dibulatkan menjadi: 2.00.
LOWER merupakan rumus Excel yang memungkinkan kita untuk mengubah/mengganti tulisan huruf dari yang awalnya besar menjadi berukuran kecil.
Pada gambar di atas, saya menggunakan rumus Excel: LOWER seperti ini:
Jika ingin menggunakannya, pastikan kawan-kawan menggunakan buka tutup kurung dan tanda petik pada nama yang dimaksud.
Berbeda dengan LOWER, UPPER sebaliknya yakni mengubah format tulisan huruf menjadi besar (kapital) dengan rumus:
Mudah untuk dipahami, kan?
TRIM adalah rumus Excel yang bertugas untuk mengatas, menghapus, atau menghilangkan spasi ganda pada teks di dalam sel Excel.
Rumus di atas digunakan pada kolom "Teks yang Diralat" pada nama:
Anies(-)(-)(-)Baswedan.
Hasil yang didapatkan adalah "Anies Baswedan" tanpa adanya kesalahan pada spasi yang sebelumnya ada tiga (3 buah) -- berlebihan.
LEN adalah rumus Excel yang berguna untuk menghitung jumlah karakter atau huruf pada sebuah sel. Contohnya:
Pada gambar di atas, saya menggunakan rumus: =LEN(B3) untuk teks Mobile Legends: Bang Bang. Yang terhitung adalah 25 karakter.
Perlu dicatat bahwasanya memang benar kalau ada 4 kolom yang dijadikan satu kolom; dimulai dari kolom B, C, D, dan E. Yang dihitung atau yang termasuk dalam rumus kali ini adalah kolom B karena dialah kolom pertamanya. Berlaku untuk semua rumus Excel, ya! π
CEILING adalah rumus Excel yang memungkinkan kita sebagai pemilik data untuk membulatkan nilai atau nominal angka pada sebuah sel.
Pada gambar di atas, harga game dari Stronghold Crussader adalah Rp459.995 lalu dibulatkan menjadi Rp460.000.- dengan rumus:
Terlihat bahwa ada angka 10 setelah nomor kolom. Apa maksudnya? Angka 10 adalah jumlah angka yang ingin dibulatkan. Bisa 100, 1000, atau lebih dari itu.
Jika CEILING membulatkan nilai atau nominal angka pada sebuah sel ke atas, sedangkan FLOOR adalah sebaliknya.
Pada gambar di atas, ditemukan harga game Call of Duty dengan bilangan bulat dari atas ke bawah, yang sebelumnya Rp799.999.- menjadi Rp799.990.-
MAX adalah rumus Excel yang berguna untuk mencari nilai atau data tertinggi di dalam sebuah tabel.
Pada gambar di atas, saya menggunakan tabel gaji untuk perhitungannya. Rumus yang digunakan adalah:
Ditemukan bahwa gaji tertingginya adalah Rp2.000.000.- (Ozal).
Sedangkan rumus MIN adalah formula yang bertugas untuk mencari nilai atau data terendah. Masih menggunakan gambar contoh tutorial di atas, gaji terendahnya adalah Rp780.000.- dengan rumus:
Itulah rumus Excel umum yang wajib dipelajari oleh pemula yang baru saja atau akan bekerja di perusahaan dan/atau perkantoran.
![]() |
| projectcubicle.com |
Niat hati ingin melamar pekerjaan atau memang sudah diterima di perkantoran atau perusahaan tapi masih bingung soal rumus dasar Microsoft Excel?
Dalam dunia kerja, posisi pekerjaan yang mengharuskan dirinya untuk selalu berada di depan komputer dan/atau laptop seperti marketing, finance, operasional, administrasi; pengetahuan dan pemahaman soal rumus excel itu penting sekali. Walau pun tidak selalu, tapi sekali dua kali, pekerjaan yang berhubungan Excel bakal dialami.
Setidaknya ada lebih dari 12 contoh rumus Excel yang wajib dipelajari dan dipahami sedini mungkin. Apa saja kira-kira?
SUM: Menghitung Jumlah Total
SUM adalah rumus Excel untuk menghitung total dari penjumlahan data atau angka yang ada pada sel Worksheet.
- Klik pada kolom G3 lalu masukkan rumus =SUM( (buka kurung)
- Selanjutnya klik pendam dari kolom B3 sampai dengan F3 (diseret)
- Nantinya akan ketemu hasil: =SUM(B3:F3)
- Tekan tombol ENTER
Dari jumlah hasil yang dicari, didapatkanlah angka Rp29.200.000.- dengan rumus: =SUM(B3:F3). Silakan cek gambar tutorialnya:
Penjumlahan ini dapat dilakukan secara menyamping (horizontal) maupun turun ke bawah (vertikal). Contohnya pada kolom G8, hasilnya: Rp180,945,000.- dengan cara menggunakan rumus: =SUM(B3:F3).
Cukup mudah, kan? Yang penting dihafal lalu diingat. Bila perlu kawan-kawan bisa mencatatnya di HP atau di buku catatan biar tidak mudah lupa.
Tutorial rumus Excel selanjutnya pun tidak jauh berbeda dengan cara di atas. Hanya saja rumusnya saja yang berbeda.
AVERAGE: Menghitung Nilai Rata-Rata
AVERAGE merupakan rumus Excel yang digunakan untuk mencari nilai rata-rata angka pada data yang dimiliki.
Di balik nilai Rp5.840.000.- pada kolom H3 dan/atau I3, tertulis rumus: =AVERAGE(B3:F3) yang menjelaskan bahwa perhitungan nilai rata-rata dilakukan dari kolom B3 sampai dengan kolom F3. Perlu diperhatikan secara seksama bahwa kolom G3 tidak perlu dihitung karena nilai yang ditampilkan merupakan nilai total. Jadi, tidak termasuk perhitungan nilai rata-rata. Maka hasil yang didapatkan adalah Rp5.840.000.-
COUNT: Menghitung Kolom yang Terisi
COUNT merupakan rumus Excel yang berfungsi untuk menghitung jumlah kolom yang SUDAH TERISI dengan angka, nilai, atau data.
Perhatikan gambar di atas, di sini saya menghilangkan atau mengosongkan 3 buah kolom pada tabel Excel di atas. Perhitungannya dimulai dari kolom B3 sampai dengan F7, terhitung kolom yang sudah terisi (tidak kosong) sebanyak 22 kolom (3 kolom tidak terhitung). Rumusnya adalah: =COUNT(B3:F7).
COUNTBLANK: Menghitung Kolom yang Belum Terisi
COUNTBLANK adalah rumus Excel yang memungkinkan kita untuk mengetahui ada berapa kolom yang belum terisi (kosong). Penggunaannya hampir mirip dengan rumus COUNT di atas, yaitu: =COUNTBLANK(B3:F7).
Pada gambar di atas, ditemukanlah bahwa ada 3 kolom yang belum terisi. Sampai di sini sudah cukup jelas, dong, ya... π
COUNTA: Jumlah Kolom yang Terisi (Angka dan Teks)
COUNTA merupakan rumus Excel yang memungkinkan kita untuk mengetahui jumlah kolom yang sudah terisi, baik diisi dengan teks maupun nilai/angka.
Kelihatan bahwa ada 4 kolom yang sudah terisi dengan teks dan biaya sebesar Rp500.- (lima ratus perak). Rumusnya: =COUNTA(J3:K7).
SINGLE IF: Cukup atau Kurang Barang
SINGLE IF merupakan rumus Excel yang berguna untuk menghitung permintaan barang menyesuaikan stok barang yang tersedia di gudang.
Pada dasarnya, kita harus menggunakan rumus logical_test untuk menentukan salah satu data pada tabel yang ingin dihitung apakah sudah sesuai atau tidak dengan yang diharapkan.
Pada gambar di atas, tepatnya pada kolom G16, saya menggunakan rumus: =IF(E16>=35;"CUKUP";"KURANG") untuk mencari tahu apakah pensil (jumlah barang) sudah mencukupi sesuai permintaan atau tidak. Hasilnya: CUKUP. Mengapa? Karena yang diminta hanya 30, sedangkan stoknya sendiri tersedia sebanyak 35.
Angka 35 pada jumlah barang merupakan contoh pengukurannya.
Rumus: =IF(E16>=35;"CUKUP";"KURANG") ini bisa dibolak-balik sesuai keinginan pembuatnya. Kata "cukup" dan "kurang" pun bisa diganti.
Semoga bisa dipahami, ya! Jujur agak rumit menjelaskannya π
MULTI IF: Menghitung Kriteria dalam Perhitungan
MULTI IF adalah rumus Excel yang memungkinkan orang yang berprofesi sebagai guru atau dosen untuk mengetahui bahwa siswa atau mahasiswanya apakah lolos ujian atau tidak dari Grade yang diperoleh dari masing-masing individu.
Pada gambar di atas, kita menggunakan rumus:
=IF(C24>=90;"A";IF(C24>=80;"B";IF(C24>=70;"C";IF(C24>=60;"D";IF(C24>=50;"E";IF(C24>=40;"ULANG TAHUN DEPAN";IF(C24>=30;"Drop Out")))))))Jika kode rumus Excel tersebut dipecahkan menjadi beberapa bagian, bentuknya akan seperti ini:
=IF(C24>=90;"A";
IF(C24>=80;"B";
IF(C24>=70;"C";
IF(C24>=60;"D";
IF(C24>=50;"E";
IF(C24>=40;"ULANG TAHUN DEPAN";
IF(C24>=30;"Drop Out"
)))))))Pengisian rumus MULTI IF di atas, diisi pada kolom D24.
COUNTIF: Memperkirakan Lunas atau Belum Lunas
Nyaris sama dengan COUNT, COUNTIF memungkinkan kita untuk mengetahui dan memperhitungkan secara spesifik dengan bantuan rumus tambahan IF. Contoh soal yang digunakan adalah utang piutang, mengenai lunas dan belum lunas dari masing-masing individu.
Pada gambar di atas, rumus Excel COUNTIF yang digunakan adalah dua (2). Yang pertama untuk "belum lunas", yang kedua untuk "lunas".
=COUNTIF(H3:H6;"belum lunas")Dan kode:
=COUNTIF(H3:H6;"lunas")Pada rumus di atas, ditemukan kalau cuma ada satu orang saja yang telah melunasi utangnya. Sedangkan 3 orangnya lagi yakni Deni, Agil, dan Masboy belum melunasinya.
VLOOKUP: Mengambil Data/Nilai dari Tabel yang Berbeda
VLOOKUP merupakan rumus Excel yang berguna untuk mencari suatu nilai atau data pada tabel yang sedang dikerjakan, akan tetapi sumber data atau nilainya sendiri berasal dari tabel lainnya (tabel yang berbeda).
Tutorial kali ini lumayan rumit bagi pemula seperti saya. Oleh karenanya, jalur perhitungannya (rumus) perlu ditulis, yakni:
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup)Sederhananya: lookup_value berarti kolom yang akan disesuaikan dengan nilai pada tabel gaji dan bonus. table_array merupakan tabel sumber yang akan diambil datanya. Sedangkan range_lookup merupakan sebagai penanda apabila nilai atau datanya tidak tersedia, maka nilai atau datanya tidak akan ditampilkan (atau salah).
Pastikan bahwa pengambilan kolom harus terhitung atau dimulai dari kiri ke kanan. Tekan kolom secara dipendam, lalu diseret sebagaimana mestinya.
Perhatikan tabel di bawah ini:
Pada tabel di atas, Nasir dengan keahliannya sebagai "konten kreator", mendapatkan gaji sebesar Rp4.000.- per bulan. Rumusnya adalah:
=VLOOKUP(C9;A3:C5;2;FALSE)Jika kolom C9 merujuk pada keahliannya, kolom A3 sampai C5 merupakan sumber informasi yang diinginkan, maka angka 2 adalah nomor urut kolom (Gaji per Bulan) dari Tabel Gaji & Bonus. Maka, hasil yang didapatkan adalah Rp4.000.-
SUMIF: Penjumlahan Data/Nilai yang Ditentukan
SUMIF adalah rumus Excel yang berguna untuk menjumlahkan data atau nilai selayaknya rumus SUM, akan tetapi menggunakan kriteria yang ditentukan (IF).
Pada tabel Excel di atas, saya menggunakan rumus:
=SUMIF(D3:D12;"Banda Aceh";E3:E12)Rumus SUMIF di atas digunakan untuk mencari jumlah harga barang yang ada dari produk yang dijual; dimulai dari HP, charger, laptop, dsb.
Begitu juga dengan kota lainnya seperti kota Lhokseumawe, rumus SUMIF yang digunakan adalah:
=SUMIF(D3:D12;"Lhokseumawe";E3:E12)Biar lebih jelasnya, silakan lihat gambarnya:
Dari rumus SUMIF di atas, ditemukan bahwa total harga barang di kota Banda Aceh yang berhasil terjual, berada di angka: Rp252.000.000.- Sedangkan kota Lhokseumawe: Rp397.000.000.-
SUMIFS: Penjumlahan Data/Nilai yang Ditentukan Lebih dari Satu
Sama halnya dengan SUMIF, SUMIFS juga menjumlahkan data atau nilai yang bisa ditentukan. Yang membedakannya adalah SUMIFS bisa menentukan lebih dari satu nilai atau data.
Rumus SUMIFS yang digunakan pada tabel Excel di atas:
=SUMIFS(E3:E12;B3:B12;"Charger";D3:D12;"Lhokseumawe")Dari rumus di atas, E3:E12 adalah angka yang akan dijumlahkan. B3:B12 mengartikan bahwa salah satu di antaranya akan kita hitung (jenis barang). "Charger" adalah barang ditentukan (huruf besar dan kecil perlu diperhatikan). D3:D12 adalah lokasi yang ditarget. Sedangkan kata: "Lhokseumawe" digunakan untuk menampilkan jumlah barang yang ada di kota tersebut.
ROUND: Cara Membulatkan Angka pada Tabel Excel
Selanjutnya ada: ROUND. Sebuah rumus yang bertugas untuk mengubah dan/atau membulatkan nilai atau angka pada kolom Excel yang ditentukan.
Pada gambar tabel Excel di atas, pemain sepak bola, Lionel Messi mendapatkan nilai tertinggi sebesar 99 yang telah dibulatkan (98,57). Rumus yang digunakan:
=ROUND(C4;0)Angka pada sel C4 adalah angka yang ingin dibulatkan. Sedangkan 0 (nol) adalah angka yang nantinya bertugas mengubah bilangan desimal menjadi bulat.
Selanjutnya, bagaimana caranya mengatasi angka di belakang koma yang lebih dari dua? Caranya ialah dengan menggantikan num_digits (0) yang ada. Contohnya:
=ROUND(C4;2)Jika nilainya 98,5778; maka hasil yang ditampilkan adalah: 98,58. Angka 78 akan dihilangkan oleh sistem. Sebagai gantinya, angka 78 tersebut akan digantikan ke angka 1 untuk ditambahkan dengan angka ,57 (koma lima puluh tujuh).
Selalu ingat bahwa dalam ilmu matematika, angka di belakang koma akan menentukan nilai tambah satu (1) atau tidak pada angka yang ditemukan. Contohnya: 2,80. Karena angka ,80 (koma delapan puluh) lebih besar dari ,50 (koma lima puluh); maka nilainya akan dibulatkan menjadi 3.00. Jika di bawah 0,50 (misalnya: 2,45), maka secara otomatis akan dibulatkan menjadi: 2.00.
LOWER dan UPPER: Mengecilkan Teks Besar ke Kecil dan Sebaliknya
LOWER merupakan rumus Excel yang memungkinkan kita untuk mengubah/mengganti tulisan huruf dari yang awalnya besar menjadi berukuran kecil.
Pada gambar di atas, saya menggunakan rumus Excel: LOWER seperti ini:
=LOWER("Winda Chairunnisa")Jika ingin menggunakannya, pastikan kawan-kawan menggunakan buka tutup kurung dan tanda petik pada nama yang dimaksud.
Berbeda dengan LOWER, UPPER sebaliknya yakni mengubah format tulisan huruf menjadi besar (kapital) dengan rumus:
=UPPER("Winda Chairunnisa")Mudah untuk dipahami, kan?
TRIM: Mengatasi Spasi Ganda (Berlebih) pada Teks
TRIM adalah rumus Excel yang bertugas untuk mengatas, menghapus, atau menghilangkan spasi ganda pada teks di dalam sel Excel.
=TRIM(C4)Rumus di atas digunakan pada kolom "Teks yang Diralat" pada nama:
Anies(-)(-)(-)Baswedan.
Hasil yang didapatkan adalah "Anies Baswedan" tanpa adanya kesalahan pada spasi yang sebelumnya ada tiga (3 buah) -- berlebihan.
LEN: Menghitung Jumlah Karater atau Huruf
LEN adalah rumus Excel yang berguna untuk menghitung jumlah karakter atau huruf pada sebuah sel. Contohnya:
Pada gambar di atas, saya menggunakan rumus: =LEN(B3) untuk teks Mobile Legends: Bang Bang. Yang terhitung adalah 25 karakter.
Perlu dicatat bahwasanya memang benar kalau ada 4 kolom yang dijadikan satu kolom; dimulai dari kolom B, C, D, dan E. Yang dihitung atau yang termasuk dalam rumus kali ini adalah kolom B karena dialah kolom pertamanya. Berlaku untuk semua rumus Excel, ya! π
CEILING: Membulatkan Nilai atau Nominal Angka ke Atas
CEILING adalah rumus Excel yang memungkinkan kita sebagai pemilik data untuk membulatkan nilai atau nominal angka pada sebuah sel.
Pada gambar di atas, harga game dari Stronghold Crussader adalah Rp459.995 lalu dibulatkan menjadi Rp460.000.- dengan rumus:
code>=CEILING(H5;10)
Terlihat bahwa ada angka 10 setelah nomor kolom. Apa maksudnya? Angka 10 adalah jumlah angka yang ingin dibulatkan. Bisa 100, 1000, atau lebih dari itu.
FLOOR: Membulatkan Nilai atau Nominal Angka ke Bawah
Jika CEILING membulatkan nilai atau nominal angka pada sebuah sel ke atas, sedangkan FLOOR adalah sebaliknya.
Pada gambar di atas, ditemukan harga game Call of Duty dengan bilangan bulat dari atas ke bawah, yang sebelumnya Rp799.999.- menjadi Rp799.990.-
MAX dan MIN: Mencari Nilai Tertinggi dan Terendah
MAX adalah rumus Excel yang berguna untuk mencari nilai atau data tertinggi di dalam sebuah tabel.
Pada gambar di atas, saya menggunakan tabel gaji untuk perhitungannya. Rumus yang digunakan adalah:
=MAX(D2:E6)Ditemukan bahwa gaji tertingginya adalah Rp2.000.000.- (Ozal).
Sedangkan rumus MIN adalah formula yang bertugas untuk mencari nilai atau data terendah. Masih menggunakan gambar contoh tutorial di atas, gaji terendahnya adalah Rp780.000.- dengan rumus:
=MIN(D2:E6)Itulah rumus Excel umum yang wajib dipelajari oleh pemula yang baru saja atau akan bekerja di perusahaan dan/atau perkantoran.





















Posting Komentar untuk "12+ Contoh Rumus Excel Dasar di Dunia Kerja"
Silakan tinggalkan komentar terbaikmu.