17 Cara Menulis Artikel yang Baik dan Menarik
Cara Membuat atau Menulis Artikel Blog Berkualitas dan Menarik serta Contoh Penulisan yang Baik dan Benar
Dalam membuat postingan blog yang berkualitas, apalagi dikaitkan dengan ilmu SEO yang bertujuan langsung agar artikelnya muncul di halaman pertama Google, maka salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah membuat konten berkualitas.
Cara lainnya yakni menggunakan template blogger SEO.
Mengenai konten berkualitas, setidaknya ada tujuh belas (17) kaidah bagaimana caranya menulis artikel yang benar di blog.
Diistilahkan sebagai: User Friendly, merupakan bagian dari dunia blogging. Artinya ialah ramah bagi pengunjung atau pembaca. Enak dilihat dan enak pula dibaca.
Google Sans, Raleway, Lato, Georgia, Roboto, Open Sans, Poppins, dan Noto Sans Japanese bisa dijadikan sebagai pilihan; sebagai gaya atau jenis huruf yang ingin digunakan/ditampilkan di blog kawan-kawan. Caranya bisa disimak di sini: Cara Mengubah Jenis Huruf (Google Fonts) di Blogger.
Saya sendiri menggunakan Noto Sans Japanese.
Golden Ratio Typography (GRT) adalah perhitungan jarak antara huruf atau kalimat pada baris pertama dengan baris kalimat setelahnya (line-height).
Tepat di bagian kode CSS pada template blogger, bagian yang sesuai dengan gambar di atas ditandai dengan kode: line-height. Nilainya sendiri berada di angka 1.4rem atau 2rem (atau tanpa menggunakan kata: rem). Contohnya seperti ini:
Pastikan bahwa nilai dari kode line-height pada template blogger sudah ditulis dengan angka yang tepat agar baris kalimat tidak terlalu dekat dan tidak terlalu renggang.
Percuma kontennya berkualitas tapi latarbelakang blog yang dimiliki membuat sakit mata para pembaca.
@font-size berperan penting dalam meningkatkan kualitas konten. Bilamana tulisannya kecil, bakal sulit untuk dibaca. Jika teksnya terlalu besar, maka pembaca akan sering menggulir halaman (ke bawah).
Biasanya, ukuran huruf pada isi artikel berukuran 14px sampai dengan 16px. Sedangkan teks judulnya berukuran 22px sampai 32px. Disesuaikan saja dengan template blogger yang digunakan.
Banyak yang melewatkan poin ini karena dirasanya tidak penting, padahal sangat penting.
Salah satu ciri-ciri artikel berkualitas yaitu nyaman ketika dibaca. Bayangkan rasanya membaca artikel di mana tiap paragrafnya terdiri dari 10 baris kalimat. Cukup membuat sakit mata, bukan?
Biar pembaca nyaman, pastikan setiap paragraf hanya terdiri dari 3 baris kalimat. Maksimalnya 6 baris kalimat - sudah lebih dari cukup.
Saya tahu kenapa banyak blogger yang suka basa basi di awal artikel. Kalau saya tidak salah, mau target kata kunci panjang (long tail keyword), mungkin?
Jangan diulangi lagi, ya! Pembaca tidak suka dengan konten yang bertele-tele. Terkecuali ada hal yang ingin disampaikan oleh penulis blog terhadap pembaca.
Saya sering menemui artikel bola yang diawali dengan kalimat: "siapa yang tidak tahu dengan Lionel Messi..."
Kalau boleh jujur, bagi saya artikel yang demikian sangat tidak berkualitas. Jauh dari kata berkualitas. Hampir semua orang di dunia ini, bahkan yang tidak suka dengan bola pun, mengenali atau mengetahui siapa Lionel Messi.
Cobalah untuk lebih kreatif dalam memulai menulis artikel.
Artikel berkualitas tinggi sudah pasti dibahas oleh ahlinya. No debat.
Clickbait merupakan cara kotor demi mendapatkan trafik blog.
Judulnya penuh sensasi, membuat pembaca penasaran, dan gambarnya tidak baik untuk dilihat. Begitu artikelnya dibuka, kualitas dan akurasi artikelnya dipertanyakan oleh para pembaca.
Pokoknya, Clickbait tidak patut untuk dicontoh.
Silakan bandingkan dua (2) kalimat ini:
(1.) Noto Sans Japanese
...dan...
(2.) NOTO SANS JAPANESE
Jika dibandingkan, enak baca yang mana? Saya berani bertaruh bahwasanya teks judul No. 1 enak untuk dilihat dan dibaca. Alasannya jelas, karena tidak menggunakan All Caps.
Postingan blog yang berkualitas, biasanya menggunakan format penulisan seperti: tebal (bold), miring (italic), garis bawah (underline), dan teks yang dicoret (strikethrough).
Khusus untuk kata yang digarisbawahi (underline), format penulisan seperti ini sudah jarang digunakan, bahkan tidak digunakan sama sekali kecuali digunakan pada mesin tik atau tulisan tangan.
Beberapa topik blog -- secara tidak langsung, dituntut untuk menyediakan atau menyertakan gambar artikel blog yang jelas, tidak buram atau kusam.
Cukup disesuaikan dengan tema konten masing-masing blog, ya.
Artikel berkualitas selalu berkaitan antara satu artikel dengan artikel lainnya. Salah satunya dengan cara menyematkan atau menyisipkan Internal Link di dalam artikel. Contohnya: Cara Mengubah Jenis Huruf (Google Fonts) di Blogger. Bila diklik, pembaca akan diarahkan ke artikel lainnya.
Catatan: Pemasangan widget seperti Popular Posts, Related Posts, Recent Posts, Labels, dan Recent Comments juga bagian dari Internal Links.
Saya paling benci dengan web atau blog yang membagikan satu artikelnya menjadi halaman per halaman. Saya tahu tujuannya: (1.) Bounce Rate, dan (2.) perkalian tampilan halaman untuk meningkatkan penghasilan Google AdSense.
Sebenarnya tidak masalah asalkan artikel yang ditulis memang benar-benar berkualitas dan yang kita butuhkan saat itu. Cuma kalau isinya asal-asalan, iklan blognya banyak, sudah terbayang kan bagaimana berat loadingnya?
Arti kata "menarik" di sini adalah artikel yang tidak pernah ditulis atau dibuat oleh penulis mana pun. Ibaratnya, kawan-kawanlah yang menemukan konten tersebut.
Biasanya, identik dengan pengalaman pribadi.
Ejaan yang Disempurnakan atau biasa disingkat EYD adalah pedoman resmi dalam penggunaan bahasa Indonesia secara baik dan benar.
Pada faktanya penggunaan EYD menjadi tantangan baru bagi blogger pemula maupun blogger yang sudah lama main blog (blogging).
Pemahaman yang harus dipelajarai di antaranya: kata ganti ku-, kau-, -ku, -mu, dan -nya; gabungan huruf konsonan; partikel; kata turunan (imbuhan), dan banyak lagi.
Singkatnya, kalau memang benar-benar mau membuat artikel berkualitas terbaik, silakan manfaatkan web: Kemdikbud dan implementasikan langsung ke postingan blog π
Yang terakhir yang tidak kalah penting yaitu merevisi ulang artikel yang akan dipublikasikan nantinya, sampai 100% siap diterbitkan.
Sebenarnya membuat artikel blog yang berkualitas itu susah-susah gampang. Yang perlu dicatat ialah membiasakan. Alah bisa karena terbiasa. Bukankah begitu?
![]() |
| thesaurus.com |
Dalam membuat postingan blog yang berkualitas, apalagi dikaitkan dengan ilmu SEO yang bertujuan langsung agar artikelnya muncul di halaman pertama Google, maka salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah membuat konten berkualitas.
Cara lainnya yakni menggunakan template blogger SEO.
Mengenai konten berkualitas, setidaknya ada tujuh belas (17) kaidah bagaimana caranya menulis artikel yang benar di blog.
Menggunakan Google Fonts yang Enak Dibaca
Diistilahkan sebagai: User Friendly, merupakan bagian dari dunia blogging. Artinya ialah ramah bagi pengunjung atau pembaca. Enak dilihat dan enak pula dibaca.
Google Sans, Raleway, Lato, Georgia, Roboto, Open Sans, Poppins, dan Noto Sans Japanese bisa dijadikan sebagai pilihan; sebagai gaya atau jenis huruf yang ingin digunakan/ditampilkan di blog kawan-kawan. Caranya bisa disimak di sini: Cara Mengubah Jenis Huruf (Google Fonts) di Blogger.
Saya sendiri menggunakan Noto Sans Japanese.
Golden Ratio Typography (GRT) yang Benar
Golden Ratio Typography (GRT) adalah perhitungan jarak antara huruf atau kalimat pada baris pertama dengan baris kalimat setelahnya (line-height).
Tepat di bagian kode CSS pada template blogger, bagian yang sesuai dengan gambar di atas ditandai dengan kode: line-height. Nilainya sendiri berada di angka 1.4rem atau 2rem (atau tanpa menggunakan kata: rem). Contohnya seperti ini:
.post-body {
font-family: font-family: 'Noto Sans JP', sans-serif;
font-size: 16px;
line-height: 1.5;
}Pastikan bahwa nilai dari kode line-height pada template blogger sudah ditulis dengan angka yang tepat agar baris kalimat tidak terlalu dekat dan tidak terlalu renggang.
Background Putih dengan Teks Warna Hitam
Percuma kontennya berkualitas tapi latarbelakang blog yang dimiliki membuat sakit mata para pembaca.
Sebaik-baiknya blog adalah yang memiliki latarbelakang berwarna putih, sedangkan teksnya berwarna hitam. Enak dibaca dan enak dilihat.
Ukuran Huruf (font-size) di Blog
@font-size berperan penting dalam meningkatkan kualitas konten. Bilamana tulisannya kecil, bakal sulit untuk dibaca. Jika teksnya terlalu besar, maka pembaca akan sering menggulir halaman (ke bawah).
Biasanya, ukuran huruf pada isi artikel berukuran 14px sampai dengan 16px. Sedangkan teks judulnya berukuran 22px sampai 32px. Disesuaikan saja dengan template blogger yang digunakan.
Setiap Paragraf Terdiri dari 3 - 5 Baris Kalimat
Banyak yang melewatkan poin ini karena dirasanya tidak penting, padahal sangat penting.
Salah satu ciri-ciri artikel berkualitas yaitu nyaman ketika dibaca. Bayangkan rasanya membaca artikel di mana tiap paragrafnya terdiri dari 10 baris kalimat. Cukup membuat sakit mata, bukan?
Biar pembaca nyaman, pastikan setiap paragraf hanya terdiri dari 3 baris kalimat. Maksimalnya 6 baris kalimat - sudah lebih dari cukup.
Jangan Terlalu Banyak Basa Basi
Saya tahu kenapa banyak blogger yang suka basa basi di awal artikel. Kalau saya tidak salah, mau target kata kunci panjang (long tail keyword), mungkin?
Jangan diulangi lagi, ya! Pembaca tidak suka dengan konten yang bertele-tele. Terkecuali ada hal yang ingin disampaikan oleh penulis blog terhadap pembaca.
Pembuka Artikel: Siapa yang Tidak Tahu...
Saya sering menemui artikel bola yang diawali dengan kalimat: "siapa yang tidak tahu dengan Lionel Messi..."
Kalau boleh jujur, bagi saya artikel yang demikian sangat tidak berkualitas. Jauh dari kata berkualitas. Hampir semua orang di dunia ini, bahkan yang tidak suka dengan bola pun, mengenali atau mengetahui siapa Lionel Messi.
Cobalah untuk lebih kreatif dalam memulai menulis artikel.
Menguasai Tema/Topik yang Dibahas
Artikel berkualitas tinggi sudah pasti dibahas oleh ahlinya. No debat.
Menggunakan Judul Artikel yang Jelas
Clickbait merupakan cara kotor demi mendapatkan trafik blog.
Judulnya penuh sensasi, membuat pembaca penasaran, dan gambarnya tidak baik untuk dilihat. Begitu artikelnya dibuka, kualitas dan akurasi artikelnya dipertanyakan oleh para pembaca.
Pokoknya, Clickbait tidak patut untuk dicontoh.
Tidak Menggunakan Judul All Caps
Silakan bandingkan dua (2) kalimat ini:
(1.) Noto Sans Japanese
...dan...
(2.) NOTO SANS JAPANESE
Jika dibandingkan, enak baca yang mana? Saya berani bertaruh bahwasanya teks judul No. 1 enak untuk dilihat dan dibaca. Alasannya jelas, karena tidak menggunakan All Caps.
Menggunakan Format: Bold, Italic, Underline, Strikethrough
Postingan blog yang berkualitas, biasanya menggunakan format penulisan seperti: tebal (bold), miring (italic), garis bawah (underline), dan teks yang dicoret (strikethrough).
- Bold: penekanan atau penegasan.
- Italic: kata asing, kata khusus, atau kutipan (sumber tulisan).
- Underline: kata penting.
Strikethrough: kata atau kalimat yang semestinya tidak perlu ditulis namun tetap ditulis.
Khusus untuk kata yang digarisbawahi (underline), format penulisan seperti ini sudah jarang digunakan, bahkan tidak digunakan sama sekali kecuali digunakan pada mesin tik atau tulisan tangan.
Gambar Berkualitas
Beberapa topik blog -- secara tidak langsung, dituntut untuk menyediakan atau menyertakan gambar artikel blog yang jelas, tidak buram atau kusam.
Cukup disesuaikan dengan tema konten masing-masing blog, ya.
Internal Link (SEO Friendly)
Artikel berkualitas selalu berkaitan antara satu artikel dengan artikel lainnya. Salah satunya dengan cara menyematkan atau menyisipkan Internal Link di dalam artikel. Contohnya: Cara Mengubah Jenis Huruf (Google Fonts) di Blogger. Bila diklik, pembaca akan diarahkan ke artikel lainnya.
Yang menjadi catatan penting ialah Internal Link yang ditambahkan harus sesuai dengan pokok pembahasan yang sedang dibacanya.
Catatan: Pemasangan widget seperti Popular Posts, Related Posts, Recent Posts, Labels, dan Recent Comments juga bagian dari Internal Links.
Gaya Artikel yang Dibagi per Halaman
Saya paling benci dengan web atau blog yang membagikan satu artikelnya menjadi halaman per halaman. Saya tahu tujuannya: (1.) Bounce Rate, dan (2.) perkalian tampilan halaman untuk meningkatkan penghasilan Google AdSense.
Sebenarnya tidak masalah asalkan artikel yang ditulis memang benar-benar berkualitas dan yang kita butuhkan saat itu. Cuma kalau isinya asal-asalan, iklan blognya banyak, sudah terbayang kan bagaimana berat loadingnya?
Artikel Blog yang Menarik
Arti kata "menarik" di sini adalah artikel yang tidak pernah ditulis atau dibuat oleh penulis mana pun. Ibaratnya, kawan-kawanlah yang menemukan konten tersebut.
Biasanya, identik dengan pengalaman pribadi.
Bahasa EYD yang Jelas
Ejaan yang Disempurnakan atau biasa disingkat EYD adalah pedoman resmi dalam penggunaan bahasa Indonesia secara baik dan benar.
Pada faktanya penggunaan EYD menjadi tantangan baru bagi blogger pemula maupun blogger yang sudah lama main blog (blogging).
Pemahaman yang harus dipelajarai di antaranya: kata ganti ku-, kau-, -ku, -mu, dan -nya; gabungan huruf konsonan; partikel; kata turunan (imbuhan), dan banyak lagi.
Singkatnya, kalau memang benar-benar mau membuat artikel berkualitas terbaik, silakan manfaatkan web: Kemdikbud dan implementasikan langsung ke postingan blog π
Revisi Artikel
Yang terakhir yang tidak kalah penting yaitu merevisi ulang artikel yang akan dipublikasikan nantinya, sampai 100% siap diterbitkan.
Kesimpulan
Sebenarnya membuat artikel blog yang berkualitas itu susah-susah gampang. Yang perlu dicatat ialah membiasakan. Alah bisa karena terbiasa. Bukankah begitu?


Posting Komentar untuk "17 Cara Menulis Artikel yang Baik dan Menarik"
Silakan tinggalkan komentar terbaikmu.